Pelatihan / Training

Pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan di bidang keuangan mikro, kewirausahaan, dan pengembangan karakter bagi siswa-siswa sekolah:

1. Pengelolaan Keuangan Keluarga (Pengelolaan Ekonomi Rumah Tangga)

Pelatihan ini membantu peserta agar dapat memahami prinsip-prinsip pengelolaan keuangan pribadi (dan keluarga), menyadari fungsi tabungan sebagai sarana persiapan dan perwujudan masa depan, memahami metode pengelolaan dan pencatatan keuangan keluarga, serta memahami konsep hutang. Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta dapat menerapkannya dan/atau mengajarkan materi tersebut kepada orang lain (TOT).

2. Kewirausahaan

Pada tingkat dasar (Kewirausahaan I), peserta diberi gambaran umum dan pengenalan karakter wirausaha, pengenalan potensi diri dan lingkungan, serta langkah-langkah dalam merintis suatu usaha. Pada tingkat lanjut (Kewirausahaan II), peserta dibekali metode dan strategi yang tepat diperlukan bagi pengusaha yang telah menjalankan usahanya, antara lain menghitung kebutuhan modal, laba/rugi, dan harga pokok, serta mengenal bentuk dan catatan usaha yang sederhana

3. Sistem Pencatatan Usaha Sederhana

Peserta dilatih untuk memahami konsep Sistem Pencatatan Usaha Sederhana sebagai teknik pencatatan keuangan usaha yang paling sederhana dan efisien bagi usaha kecil. Melalui pelatihan tersebut, peserta diharapkan dapat menerapkan dan mengembangkannya.

4. Pelatihan Account Officer

Pada pelatihan dasar, peserta diberi prinsip-prinsip dasar Ekonomi Rumah Tangga, proses identifikasi wilayah potensial, dan hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran serta analisa kredit. Pada tingkat lanjut, peserta mendapat pelatihan selling skill, penanganan kredit bermasalah, dan hal-hal yang berkaitan dengan pembinaan nasabah.

5. Analisa Kredit

Pelatihan ini membantu peserta dalam menilai kelayakan permohonan kredit calon debitur dan memberi rekomendasi atas permohonan tersebut, serta mengevaluasi dokumen yang menjadi syarat permohonan kredit.

6. Service Excellence

Peserta diberi pengetahuan dan kiat-kiat untuk memberikan layanan prima, serta cara menghadapi dan menangani keluhan pelanggan.

7. Pendampingan Penyusunan Business Plan untuk Lembaga Keuangan Mikro

Perencanaan usaha yang matang diperlukan bagi perkembangan Lembaga Keuangan Mikro melalui pengenalan masalah, identifikasi pengaruh internal dan eksternal, serta  teori-teori dasar untuk membuat rencana usaha dan rencana kerja.

8. Pelatihan Masa Persiapan Pensiun

Peserta dipersiapkan untuk menghadapi masa pensiun, antara lain diberi pemahaman mengenai aspek psikologis, dibekali dengan pengelolaan keuangan keluarga dan rencana-rencana keuangan yang aman, serta diebri gambaran mengenai peluang usaha yang dapat direalisasikan setelah pensiun.

9. Psikologi Peluang Kerja

Pelatihan khusus untuk siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Mereka dibekali dengan cara efektif menangkap peluang kerja dan dengan strategi jitu untuk memasuki dunia kerja.

10. Motivasi bagi Siswa

Motivasi merupakan salah satu metode yang diharapkan mampu membangun sikap mental positif, baik dalam diri maupun dalam kelompok. Metode tersebut dibagi menjadi tiga, yaitu: 1) personal branding: membangun merek diri siswa; 2) Public speaking: melatih kepercayaan diri siswa saat tampil di depan publik; dan 3) Character building: mengenalkan situasi dan karakter diri siswa sehingga menghasilkan pengolahan diri yang positif.

11. Pendidikan Pengelolaan Keuangan bagi Siswa

Pelatihan yang dikhususkan bagi siswa atau remaja untuk memahami prinsip serta perencanaan dan pengelolaan keuangan remaja. Harapannya siswa atau remaja dapat bertanggungjawab terhadap uang sakunya, mampu mengontrol diri, dan tidak mengutamakan gengsi.

12. Pengenalan Tugas Perkembangan Remaja

Peserta diberi pengetahuan dan pemahaman mengenai tugas dan perkembangan remaja. Harapannya mereka dapat menyinergikan tugas pertumbuhan dan perkembangan masa remajanya sejak awal. Pada akhirnya, mereka mampu hidup mandiri di tengah-tengah masyakarat.

2019  YAYASAN PURBA DANARTA